RSS

Widuri (Calostropis gigantea)

Widuri, kebanyakan rakyat Indonesia hanya mengenalnya sebagai judul lagu yang dinyanyikan Bob Tutupoli. Masih sangat sedikit yang mengetahui bahwa Widuri adalah nama salah satu tanaman eksotis asli Indonesia yang cantik dan kaya manfaat.

Dengan nama latin Calostropis gigantea, tanaman ini banyak tumbuh liar di pinggir jalan atau tanah lapang. Daunnya tersusun berhadapan, berwarna hijau keputih-putihan dan agak kasar. Bunganya berlapis lilin berbentuk seperti bintang laut berwarna putih ungu yang bagian tengahnya berbentuk seperti mahkota raja. Itulah mengapa di Inggris tanaman ini disebut Crown Flower.

Widuri (Calostropis gigantea) - Crown Flower
Di beberapa negara lain, tanaman ini disebut sebagai Giant Milkweed, karna mampu tumbuh hingga 2 meter dan getahnya berwarna putih seperti susu. Walaupun getahnya sangat beracun, tanaman ini memiliki segudang manfaat. Serat kulit batangnya bisa dijadikan jala. Daunnya dapat dijadikan sebagai obat batuk, sesak nafas, encok dan kelumpuhan dll.

Ingin membuat taman yang ramah terhadap serangga khususnya kupu-kupu atau lebah? Tanaman ini dapat menjadi salah satu pilihannya. Selain itu, di Jepang dan Amerika, tanaman ini digunakan sebagai pengontrol Culex gelidus and Culex tritaeniorhynchus, jenis nyamuk pembawa penyakit Japanese encephalitis atau yang biasa dikenal radang jaringan otak. Tertarik menanamnya? Perbanyakan tanaman ini melalui biji.